Kok dituka, diajak batu pasumandan, diubah urang kato pusako, dirubah urang kato nan bana nan condong diraiah urang, nan lamah dititih urang, dijajah urang tanah tumpah darah, busuangkan dado ang hai anak kamanakan kanduang, caliakan tando waang laki-laki, jan takuik darah taserak, sabalun aja bapantang mati, kesemua pantun, pepatah, petitih tadi menggambarkan bagaimana kesatuan dan persatuan hiduik bakampuang, banagari dan dimana posisi seorang lelaki di Minangkabau, letaknya tetap digaris depan.
Bidang Hukum
Manimbang
samo barek, mambagi samo banyak, diparuik indak dikampihkan, kusuik
indak dipanciangkan, kusuik bulu paruah manyalasaikan, kusuik banang
cari ujuang jo pangka, kusuik buruang tampuo, api manyudahi. Namun diusahakan juga memutus satu perkara dengan, bak
maelo rambuik didalam tapuang, bak mambunuah ula didalam banieh, banieh
tacabuik, ula mati juo, sasek kamanusia mintak maaf, sasek ka Tuhan
minta ampun.
Bidang Agama
Semenjak
berabad-abad sebelum agama Islam masuk ke bumi Nusantara, tidak
terkecuali Minangkabau, masyarakat hukum adat Minangkabau telah memakai
hukum adat Minangkabau yang intisari hukum adat itu telah senafas dengan
hukum Islam, seperti yang telah diuraikan dihalaman depan.
Kemudian
agama Islam masuk merambah ulayat Minangkabau sampai kepedalaman,
walaupun terjadi pada awal masuknya Islam, pertentangan-pertentangan
dari beberapa kelompok petinggi kaum adat, namun akhirnya didapat kata
sepakat antara pihak yang kontra dengan yang menyetujui melalui
musyawarah mufakat yang sangat alot, dibulatkanlah kata untuk menerima
kehadiran agama Islam menjadi bahagian dari nafas kehidupan masyarakat
hukum adat didalam kaum, suku dan nagari dengan falsafah hukum adat, adat basandi syara,’ syara’ basandi kitabullah.
Antara
adat dengan syara’ terdapat kata-kata kunci mengenai kesatuan antara
adat dengan syara’ kata-kata kunci itu diibaratkan antara aua dengan tabiang, syara’ mangato, adat mamakai.
Simuncak mati tarambau, kaladang mabao ladiang, lukolah pao kaduonyo,
adat jo syara’ di Minangkabau, ibarat aua dengan tabiang, sanda manyanda
kaduonyo, gantang di Bodi Caniago, cupak dikoto rang piliang, dunia
sudah kiamat tibo, lbuah luruih jalan basimpang. Kemudian kata-kata hukum adat tadi diimbangi oleh kata syara,’ limbago jalan batampuah, itu nan utang niniek mamak, sarugo di iman taguah, narako dilaku awak.
Sentralisasi
hukum adat Minangkabau pada awalnya berpusat di Pagaruyuang Ibukota
Kerajaan Minangkabau, kemudian dibawa menurun ke Pesisir Pariaman terus
ke Pesisir Selatan di Painan terus ke Muko-Muko, namun semenjak agama
Islam masuk dibawa oleh pelaut Pariaman dari Aceh kemudian naik merambah
kewilayah pusat Minangkabau terus kedaerah Luhak nan Tigo dan menjalar
ke tanah rantau, maka keluarlah filsafat adat mengatakan.
Adat sifat manurun
Syara’ sifat mandaki
Syara’ mancucuak dari langik
Adat mambosek dari bumi
Juga
dikarenakan asal Adat Nan Sabana Adat berpedoman kepada alam takambang,
artinya apa-apa yang dikatakan dan diperlihatkan oleh alam dijadikan
untuk menempuh langkah selanjutnya, jadi asal muasal adat ini dapat
menerima apapun asalkan senafas dengan Batang Adat.
Agama
Islam dengan adat dapat dikatakan sebagai “kuku dengan daging”
kesemuanya itu dapat kita lihat dengan memperhatikan persyaratan
mendirikan satu Nagari, basurau, babalai-balai, kemudian diperkuat dengan persyaratan lainnya seperti,
cupak papek, gantang piawai, cupak nan duo baleh taie, gantang nan
kurang duo, limo puluah, barek nan indak buliah dilampaui, cupak nan
indak dilabiahi, dikurangi, nan mamakai ukua jo jangko, nan babarih jo
balabeh, taraja nan indak bapaliang, bajanjang naiek, batanggo turun,
hitam tahan tapo, putiah tahan uji, bungka ganok manahan asah, ameh
batatah Manahan uji, perak nan tahan sapuah, kok disasah kaba abih
sabun, kok dipanggang kaba abih kayu, kok dikikih kaba abih basi, bana
nan nyato Manahan tiliak. Begitu benarlah masyarakat hukum adat Minangkabau, menghargai dan menghormati keberadaan hukum adat dengan hukum Islam.
Undang Nan Duo Puluah
Merupakan
ketentuan hukum adat Minangkabau yang diambil dari
pengalaman-pengalaman yang pernah ditempuh oleh para pendahulu kita,
diambil yang berguna dan dijadikan contoh untuk menempuh langkah
selanjutnya, semua itu dapat dilihat dari perbuatan, perangai atau
tingkah laku, baik tingkah laku yang salah dan yang sumbang
mengakibatkan tindakan-tindakan hukum dengan menentukan salah dan
benarnya serta pelanggaran asulila penganiyaan, Undang-Undang Duo Puluah
terdiri dari atas Undang-Undang yang lain yaitu:
Anggang lalu, atah jatuah
Pulang pagi basah basah
Bajalan tagageh gageh
Kacondongan mato rang banyak
Dibao ribuik, dibao angin
Tasilolo jajak dek manurun
Tatukiak jajak dek mandaki
Bajua jo harago murah
Batimbang jawek ditanyoi
Alah bauruah bak sipasan
Alah bajajak bak baliak
Setelah
Undang-Undang Nan Duo Puluah maka hukum adat Minangkabau dilengkapi
pula dengan Undang-Undang Nan Salapan yang mengiaskan tentang kejahatan
yang telah dilakukan seseorangan hukum itu dinamakan, dago dagi,
mampari malu, sumbang salah laku jo parangai, samun rampok ditangah
bateh, umbuak-umbuak budi marangkak, curi maliang, rampok rampeh, tikam
bunuah, karih badarah, siak baka sabatang suluah, upeh racun batabuang
buluah. Kelompok kedua hukum diatas kemudian diuraikan pula dengan
hukum adat yang lain, namun bersumber dari Adat Nan Sabana Adat, antara
lain :
Hukum Ilmu
Bila terjadi sesuatu perkara apakah itu perkara perdata mengenai sako jo pusako, atau pidana seperti bunuah, rabuik rampeh, samun saka, maliang, rampok, seorang
hakim telah mengetahui duduk perkaranya, maka hakim harus menjatuhi
hukuman yang seadil-adilnya, sesuai dengan kadar dan takaran kesalahanya
yang diperbuat, namun sebelum menjatuhkan hukuman maka hakim harus
menghukum dirinya sendiri……sumber: www.bakinnews.com
Comments