Bupati Agam Indra Catri mengatakan, ninik maka atau penghulu yang ada dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN), merupakan motor penggerak masyarakat, karena mereka memupunyai peranan penting dalam kelancaran dan kemajuan pembangunan dalam nagari itu sendiri.

Hal itu disampaikan Indra Catri Dt.Malako Nan Putiah saat membuka acara Mubes LKAAM dan Bundo Kanduang Kecamatan Palembayan di Aula UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Palembayan, Rabu (27/6).

Bupati menambahkan pembangunan adat dan budaya Minangkabau merupakan salah satu fasilitas dalam rencana strategi Pemerintah Kabupaten Agam sebagai perwujudan visi Agam Mandiri dan Berprestasi Yang Madani, yang selanjutnya visi ini dalam RPJM 2011 sampai dengan 2015 dirumuskan menjadi Agam yang Agamais, Lestari, Aman, Madani dan Indah.

Kabupaten Agam dalam RPJM 2011 sampai dengan 2015 telah melaksanakan berbagai program seperti, pelatihan adat terhadap Pemangku Adat, Alim Ulama, Bundu Kanduang, Generasi Muda, membentuk kelompok Pasambahan Adat di Nagari-nagari yang kesemua bertujuan meningkatkan pemahaman pengetahuan adat minangkabau bagi seluruh komponen masyarakt minangkabau secara umum dan secara khusus masyarakat Kabupaten Agam.

Bupati berharap dengan selesainya mubes LKAAM dan Bundo Kanduang ini akan dapat lebih memaikan peranan penting di berbagai plosok nagari di Kecamatan Palembayan, sehingga sanak kemenakan mengerti akan makna kehidupan di minangkabau.

di kutip dr: http://www.agammediacenter.com

Comments