Sebelum masuknya Islam, adat Minangkabau tidak mengenal ajaran
“spiritisme-animisme” apapun. Ajaran “spiritisme-animisme” adalah ajaran
yang berhubungan dengan pemujaan terhadap roh nenek moyang, dan
kepercayaan bahwa benda-benda alam seperti pohon-pohon, gua, gunung, dan
lain-lain benda mempunyai roh. Oleh karena itu, orang Minang hampir
tidak mengenal tempat-tempat sakti atau kuburan yang dikeramatkan (Amir,
2003: 119).
Menurut Nasroen (1957: 22), adat Minangkabau itu telah ada jauh sebelum
masyarakatnya mengenal ajaran Islam. Nenek moyang orang Minangkabau
menyusun adat istiadat dari perenungan terhadap alam dan semesta. Hal
itu terlihat dari filosofi adat Minang berikut:
Panakiak pisau sirauik
Ambiak galah batang lintabuang
Silodang ambiak ka niru
Nan satitiak jadikan lauik
Nan sakapa jadikan gunuang
Alam takambang jadikan guru
(Penakik pisau siraut
Ambil galah batang lintabung
Selodang ambil untuk niru
Yang setetes jadikan laut
Yang sekepal jadikan gunung
Alam terkembang jadikan guru)
(Hakimy, 1997:2).
Filosofi berguru pada alam tersebut menjadikan masyarakat Minangkabau
dapat mendayagunakan hukum alam (sunatullah) sebagai sumber pelajaran
untuk menata kehidupannya. Adat Minangkabau pun disusun berupa ajaran
budi dan pekerti yang bertujuan untuk mengatur perilaku sosial dan
individual agar sesuai dengan hukum alam itu (Salmadanis, 2003: 12).
Ketika Islam masuk ke Minangkabau, aturan adat yang berupa ajaran budi
dan budi pekerti itu tidak ada yang harus diubah karena tidak
bertentangan dengan ajaran Islam. Islam hanya menambahkan unsur
kepercayaan saja, yaitu percaya pada ke-Esaan Allah (SWT) SWT yang
menciptakan dan mengatur alam semesta (Salmadanis, 2003: 13).
Menurut Amir (2003: 121), Islam masuk ke Minangkabau secara bergelombang
sejak abad ke-7 hingga akhir abad ke-17. Penyebaran Islam di
Minangkabau ini dilakukan melalui proses integrasi damai yang disebut
juga dengan istilah Islamisasi kultural. Hal itu berarti adanya
percampuran antara ajaran Islam dan aturan adat. Adat yang telah ada
hanya menyesuaikan aturannya dengan aturan Islam. Salah satunya dapat
dilihat pada susunan pemerintahan istana yang mulai diatur dengan
berdasarkan pada Hukum Islam dan Hukum Adat. Raja dijadikan “tiga selo
(tiga sela),” yaitu Raja Alam, Raja Adat, dan Raja Ibadat.
Pembesar-pembesar kerajaan dijadikan “ampek balai (empat balai),” dua
menjaga adat-istiadat lama, dan dua lagi menyebarkan dan menunjukkan
bahwa negeri Minang sudah Islam (Hamka, 1984: 10).
Karena kuatnya hubungan antara adat dan Islam, Islam pun kemudian
menjadi “identitas etnis” orang Minangkabau. Artinya, jika seseorang
mengaku sebagai orang Minang, pasti ia Islam, sebaliknya jika tidak
Islam jangan mengaku sebagai orang Minang. Hal ini tertuang dalam
pepatah adat, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (adat
bersendi syarak, syarak bersendi kitabullah); syarak mangato, adat
mamakai (syarak mengatakan, adat menggunakan) (Amir, 1998: 24).
Di Minangkabau, perayaan hari-hari besar agama Islam dirayakan dengan
meriah, seperti saat Maulid Nabi, Israk Mikraj, Idul Fitri, Idul Adha,
dan Nuzul Quran. Dalam perayaan tersebut orang-orang memasak makanan
tradisional Minang, seperti Lamang Tapai dan Gulai Surau. Selain itu
juga ditampilkan kesenian-kesenian yang bernuansa Islam, yang pada
awalnya adalah salah satu sarana untuk menyebarkan agama Islam. Kesenian
tersebut antara lain Badikia, Baikayaik, dan Salawat Dulang. Dalam
perayaan hari besar agama Islam tersebut kesenian yang lebih sering
ditampilkan adalah Salawat Dulang.
Definisi urang minang
adat basandi sarak
syarak basandi Kitabullah
syarak mangato, adat mamakai
camin nan indak kabua
palito nan indak padam
Gadang jaan malendo
panjang jaan malindih
Barek samo dipikua
ringan samo dijinjiang
ka bukik samo mandaki
ka lurah samo manurun
tatungkui samo makan tanah
tatilantang samo minum ambun
ka mudiak saantak galah
ka hilia sarangkuah dayuang
maelo karajo jo usao
mairik parang jo barani
Budi jan tajua,
paham jan tagadai
nan kayo iyolah kayo di budi
nan mulieh iyolah mulieh di basa
Condong mato ka nan rancak
condong salero ka nan lamak
rancak di awak
katuju di urang
syarak basandi Kitabullah
syarak mangato, adat mamakai
camin nan indak kabua
palito nan indak padam
Gadang jaan malendo
panjang jaan malindih
Barek samo dipikua
ringan samo dijinjiang
ka bukik samo mandaki
ka lurah samo manurun
tatungkui samo makan tanah
tatilantang samo minum ambun
ka mudiak saantak galah
ka hilia sarangkuah dayuang
maelo karajo jo usao
mairik parang jo barani
Budi jan tajua,
paham jan tagadai
nan kayo iyolah kayo di budi
nan mulieh iyolah mulieh di basa
Condong mato ka nan rancak
condong salero ka nan lamak
rancak di awak
katuju di urang
nah dari papatah nan wak itaman tu artinyo
adat berdasarkan agama, agama berdasarkan kitab Allah, agama mengatakan adat memakai.
adat berdasarkan agama, agama berdasarkan kitab Allah, agama mengatakan adat memakai.
sumber: kaskus regional minangkabau
Comments